Sejarah Singkat Michelangelo

     

          Tak pelak lagi tokoh terdepan dalam seni visual dalam sejarah adalah budayawan besar masa "Renaissance", Michelangelo. Bukan kepalang briliannya selaku pelukis, pemahat, arsitek, meninggalkan karya yang mempesona tiap orang yang melihatnya selama lebih dari 4 abad. Karyanya secara mendalam mempengaruhi perkembangan seni lukis dan pahat Eropa.

         Pria Yang lahir di, Caprese Italia tahun 1475 kira kira 40 mil dari Florence. Dari kecil bakatnya sudah tampak jelas, dan di umur 13 dia magang pada pelukis kenamaan Shirlando Di Florence. Setahun sesudah itu dia tinggal diistana Medici milik Lorenzo, penguasa Florence, yang bertindak selaku pelindungnya. Sepanjang Karirnya bakat besar Michelangelo tak meragukan lagi. Dia sering sekali dipercaya baik oleh para Paus maupun tokoh duniawi merancang dan membuat karya seni. Meninggal ditahun 1564, tak lama sesudah usianya lewat 89 tahun. Setua itu, tak sekali pun ia pernah kawin.

        Kendati dia tidak segenius Leonardo De Vinci ankatannya yang lebih tua, keserbabisannya dua kebolehan Michelangelo tetap amat mempesona. Dialah satu satunya seniman, mungkin satu satunya orang, yang sanggup mencapai puncak prestasi dalam dua bidang yang berbeda satu sama lain. Selaku pelukis dia berada hampir dipuncak, baik dari segi kualitas keindahan karyanya  maupun pengaruhnyav terhadap pelukis-pelukis yang datang belakangan.

        Michelangelo juga seorang arsitek besar. Salah satu hasil kerjanya besarnya dibidang ini adalah rancangan gereja Medici di Florence. Selama beberapa tahun ia juga jadi kepala arsitek gereja St. Peter di Roma.

       Atas dasar itulah Michelangelo - tanpa menyisihkan pengakuan atas kehebatannya selaku seniman genius.

2 Responses to "Sejarah Singkat Michelangelo "