Penjelasan Singkat Unsur Unsur Berdirinya Suatu Negara

Berikut ulasan mengenai Unsur-Unsur Berdirinya Suatu Negara. Silahkan disimak!

Unsur - unsur berdirinya suatu negara  yaitu:
a. Rakyat (penghuni )
b. Wilayah yang permanen
c. Penguasa yang berdaulat
d. Kesanggupan berhubungan dengan Negara
e. Pengakuan Deklaratif

a. Rakyat

Rakyat adalah semua orang yang berada dan berdiam dalam suatu Negara menjadi penghuni Negara yang tunduk pada kekuasaan Negara itu. Penduduk adalah mereka yang bertempat tinggal atau berdomisili didaalam suatu wilayah negara (menetap). Penduduk adalah mereka yang lahir secara turun temurun dan besar di dalam suatu Negara. Bukan Penduduk adalah mereka yang berada dalam suatu wilayah negara hanya untuk sementara waktu, seperti wisatawan mancanegara atau tamu-tamu asing dlaam suatu negara.
Warga Negara adalah mereka yang beradasarkan hukum tertentu merupakan anggota dari suatu negara. Warga Negara adalah mereka yang menurut undang-undang atau perjanjian diakui sebagai warga negara, atau melalui proses naturalisasi. Bukan Warga Negara (Orang Asing) adalah mereka yang berada pada suatu negara tetapi secara hukum tidak menjadi anggota negara yang bersangkutan, namun dtunduk pada pemerintahan dimana mereka berada. Contohnya adalah korps kiplomatik, konsuler, orang asing dan sebagainya.

b. Wilayah

Wilayah Daratan
Merupakan daerah dipermukaan bumi berserta kandungan dibawahnya dalam batas wilayah negara. Penentuan batas-batas suatu wilayah daratan, baik yng mencakup dua negara atau lebih pada umumnya berbentuk perjanjan atau traktat. 

Wilayah Ekstra Teritorial 
Daerah Ekstra Teritorial adalah tempat yang menurut kebiasaan internasional diakui sebagai daerah kekuasaan suatu negara meskipun tempat itu secara nyata berada
diwilayah negara lain.

Wilayah Lautan
Merupakan perairan berupa samudra, laut, selat, daanau dan sungai dalam batas wilayah Negara. 
Terdapat 2 (dua) konsepsi pokok mengenai wilayah laut suatu negara, yaitu : 
- Res Nullius adalah konsepsi yang menyatakan bahwa laut dapat diambil dan dimiliki oleh masing-masing negara
- Res Communish adalah konsepsi yang menyatakan bahwa laut adalah milik masyarakat dunia sehingga tidak dapat diambil atau dimiliki oleh masing-masing individu

Wilayah Udara
Wilayah Udara adalah udara yang berada dipermukaan bumi diatas wilayah darat dan laut. Pasal 1 Konvensi Paris 1919 menyatakan bahwa negara-negara merdeka dan berdaulat berhak mengadakajn eksplorasi dan eksploitasi diwilayah udaranya, seperti dalam rangka penerbangan, komunikasi radio, satelit dan sebgainya. 
Pasal 1 Konvensi Chicago 1944 menyatakan: “Setiap negara memiliki kedaulatan yang  utuh dan eksklusif diruang udara diatas wilayahnya” 
Berdasarkan undang-undang nomor 20 tahun 1982, wilayah kedaulatan dirgantara RI termasuk orbit geo stationer adalah 35.761 km. 

c. Pemerintah Yang Berdaulat

Pada hakikatnya yang dimaksud dengan pemerintah yang berdaulat adalah pemerintahan yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang dihormati dan ditaati oleh seluruh rakyat itu serta diakui dan dihormati oleh negara lain. 

Kata daulat dalam pemerintahan berasal Bahasa Latin Supremus, daulah (Bahasa Arab), Souvereignity(Inggris), Souvereiniteit(Prancis), dan Sovranita (Italia) yang berarti “Kekuasaan Tertinggi” 

Pengakuan dibagi menjadi dua yaitu:
1) Pengakuan secara de facto 
Yaitu pengakuan tentang kenyataan adanya suatu negara yang dapat mengadakan hubungan dengan negara lain yang mengakuinya. 
2) Pengakuan secara de jure 
Adalah pengakuan secara resmi berdasarkan hukum oleh negara lain dengan segala hukum oleh negara lain dengan segala konsekuensinya.

1 Response to "Penjelasan Singkat Unsur Unsur Berdirinya Suatu Negara"

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete